Bakso Malang Asli Cak Tio, Telp: 08129181453 - (021)9599.5354 - 8885.6037

Minggu, 29 November 2009

Warung Jawa Timur: Ayam Krengseng Sari Kurma

Ayam Kecap Jawa Timur Bumbu Sari Kurma


Bekasi, kelanakuliner.com
Menelusuri jalur Jalan Raya Harapan Baru I menuju perumahan Harapan Baru Regency, kita akan melalui sebuah jalan Kemiri Raya di perumahan Harapan Baru I tepat depan SMP N 13 Medan Satria. Kira-kira 15 meter dari jalan raya Harapan Baru depan SMP negeri itu, maka kita akan bisa menemui sebuah rumah makan yang menjual sajian unik dari daging ayam. Sajian ayam Krengseng Sari Kurma ini memang sedikit aneh kedengarannya. Sajian yang cukup populer di Jawa Timur dengan nama Ayam Kecap khas Malang atau Ayam Krengseng ini diolah dengan tambahan Sari Kurma yang memperkaya citarasa dan khasiatnya buat kesehatan siapapun yang menkomsumsinya.


Bahkan informasi terakhir yang saya dapatkan adalah bahwa setiap masakannya yang berasa manis, pasti kandungan gulanya yang biasanya takarannya penuh, kini setengahnya diganti dengan Sari Kurma. Hal ini dilakukan oleh sang pemilik, Ibu Siti atas saran suaminya, pak Badri demi  nutrisi sajian yang mereka jual dan juga kesehatan para pelanggannya. Rupanya pelanggann pun merespon baik inovasi menu sehat setiap masakan manis olahan Warung Makan Jawa Timur ini.




Dengan adanya tambahan kurma di samping kecap Banggo sebagai bumbu utamanya, maka sensasi rasa manisnya lebih mantap dan lain daripada Ayam Krengseng yang biasanya ditemui di Jawa Timur. Di samping itu, khasiat dari Ayam Kecap khas Jawa Timur berbumbu Sari Kurma ini lebih banyak daripada olahan masakan ayam pada umumnya.

Setelah bertemu dengan sang pemilik, Ibu Siti Maesaroh yang kerap dipanggil Mama (si) Kembar ini menjelaskan, bahwa dalam sajian ayamnya sendiri yang berbumbu kecap sudah demikian dikenal dan juga telah diterima oleh lingkungan perumahan warga. Kalau sebelumnya ibu empat anak ini telah membuka usaha warung selama lebih dari 25 tahun, dimana ia bermain dari beragam jenis usaha mulai dari catering, nasi lauk rantangan dan nasi box, hingga kini.

Wanita kelahiran 40 tahun lalu ini juga menyatakan, bahwa warung makan Jawa Timur yang dikelolanya ini memang 5 tahun sebelumnya hanya menyajikan masakan khas Jawa Timur, itupun karena warungnya berlokasi tepat di pinggir jalan protokol. Tapi kini setelah menetap di komplek perumahan dengan mengontrak dari seorang kolega suaminya yang bekerja sebagai maintenance salah satu pabrik di dekat rumahnya ini, bu Siti lebih memilihi menu sajian rumahan dengan masakan tradisional yang diminati oleh para tetangganya, tanpa mengkhususkan pada menu daerah Jawa Timur. Namun begitu Siti, yang mempunyai 2 anak perempuan kembar ini, mengandalkan beberapa sajian unggulan, terutama sekali adalah Ayam Krengseng Sari Kurma, Ikan Tuna Bumbu Asam Padeh, Ayam Asam Padeh dimana dia lebih suka menyebutnya dengan Ayam Bumbu Rujak dan Ikan Tuna (atau Tongkol) Bumbu Rujak.

Untuk sajian khas Warung Makan Sederhana Jawa Timur Mama si Kembar ini, Ayam Krengseng Sari Kurma, saya mencobanya dan saya merasakan bumbunya begitu mirip dengan bumbu rendang Padang. Hanya saja dagingnya bukan daging sapi, tapi ayam. Masalah rasa kurmanya yang begitu kuat, saya sarankan Anda untuk mencobanya, apalagi khasiatnya yang mampu menyembuhkan beragam penyakit dan menurunkan tekanan darah tinggi. Belum lagi saya ditawari minum Teh Manis Sari Kurma, dan kebetulan sekali saya sedang sakit kepala karena kehujanan saat sebelum berkunjung ke warung makan sederhana yang mojok di jalan Kemiri Raya. Tak berlebihan bila saya menilai masakan ibu Siti memang bisa dijadikan sebagai makanan yang bukan saja menyehatkan tapi sekaligus menyembuhkan. Tidak berlebihan sepertinya, apalagi kalau Anda sudah mencobanya pasti setuju dengan pendapat saya. Sayang ada satu kekurangan dari warung makan ini, karena lokasinya berada di tengah komplek perumahan dan bukan di pinggir jalan, jadi kapasitas pengunjung paling banyak hanya sanggup menampung tak lebih dari 10 tamu. Namun begitu tampaknya pengunjung dari ibu-ibu rumah tangga atau para tetangganya menjadi pelanggan tetap warung makan Jawa Timur ini. Sementara tamu yang berkunjung makan kebanyakan adalah mitra kerja dari sang suami atau pemilik rumah. Sepertinya warung makan ini memang cukup enak untuk dijadikan tempat ketemu kolega walau dalam skala kecil dan pastinya nyaman makan siang atau malam di tempat kecil ini.

Menu Ayam Krengseng Sari Kurma atau Ayam Kecap khas Jawa Timur ini pun tidak terlalu mahal, cukup  seporsinya Rp. 9.000,- dan Anda bisa menikmatinya dengan setangkup nasi. Alangkah nikmatnya bila bisa juga dinikmati dengan teh hangat manis sari kurma. Sepertinya semua sajian di warung makan sederhana ini selalu disertai sari kurma. Tak heran, karena ibu Siti yang bersuamikan Badri (42) ini memang menjual jamu herbal khas dari Timur Tengah, Sari Kurma ini dengan merk Al-Jazeerah. Dijamin Anda setelah menikmati sajian bertaburan sari kurma, akan berkeringat dan segala hawa panas serta toksin keluar bersamaan dengan keringat deras yang keluar. Bukan saja manis nikmat kurmanya, tapi segar dan menyembuhkan. Berminat?

Bila Anda tertarik menikmati sajian khas Mama si Kembar di Warung Makan Jawa Timur ini, silakan hubungi langsung Ibu Siti di no telp (021) 261.961.50 atau langsung mengunjungi alamatnya di Jalan Kemiri Raya I. Perumahan Harapan Baru I Medan Satria (tepat 15 meter depan SMP Negeri 13).

Lalu menu apa saja yang biasa disajikan di Warung Makan Jawa Timur? Di samping adamenu unik harian yang selalu bergaanti-ganti setiap hari, Anda bisa datang untuk makan atau beli dibawa pulang menu umum yang biasanya disajikan seperti:
- Bandeng Presto (bisa antar pesan minimal 5 ptg @ Rp.9.000)
- Tuna Asam Pedas (bisa antar pesan minimal 5 ptg @ Rp.9.000)
- Ikan Salem Goreng
- Lele Goreng

- Sayur Nangka Sari Kurma
- Opor Tahu
- Urap Pecel
- Sambel Tumpang
- Tumis-tumisan (+ SariKurma)

- Ayam Krengseng Sari Kurma (antar pesan minimal 5 porsi@ Rp.9.000)
- Ayam Ungkeb
- Ayam Opor
- Ayam Bumbu Rujak Sari Kurma (antar pesan minimal 5 porsi@ Rp.9.000)

- Sate Ati Ampela

- Sayur Nangka Sari Kurma
- Sayur Sop
- Sayur Bening
- Sayur Asem
- Sop Daging & Rawon Sari Kurma (khusus antar pesan minimal 10 porsi)

- Perkedel Kentang
- Bakwan Jagung
- Tempe & Tahu Goreng

- Nasi Bungkus (minimal pesan antar 10 bungkus, di atas 50 order minimal 2 hr sebelumnya)

- Nasi Box (minimal pesan antar 10 bungkus, di atas 50 order minimal 2 hr sebelumnya)
- Tumpeng Syukuran (antar pesan khusus Jabodetabek)

Sidik Rizal-dobeldobel.com


1 komentar:

  1. Manfaat Kurma buat Kesehatan

    "Dan di bumi ini terdapat bagian-bagian yang berdampingan dan kebun-kebun anggur, tanaman-tanaman dan pohon kurma yang bercabang dan yang tidak bercabang, disirami dengan air yang sama. Kami melebihkan sebagian tanaman-tanaman itu atas sebagian yang lain tentang rasanya. Sesungguhnya, pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang berpikir." (ar-Ra'd [13]: 4)

    Kurma, buah-buahan yang disebut dalam surah Maryam, pohonnya tumbuh di padang gersang bersuhu panas dan banyak manfaatnya. Allah mengindentifikasikan khasiat penyembuhan dari buah ini dengan menceritakan pada Maryam, yang sedang menghadapi persalinan, supaya makan daging buah kurma,

    "Maka Jibril menyerunya dari tempat yang rendah: 'Janganlah kamu bersedih hati, sesungguhnya Tuhanmu telah menjadikan anak sungai di bawahmu. Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu, maka makan, minum, dan bersenang hatilah...." (Maryam [19]: 24-26)

    Allah mempunyai maksud tertentu dengan menyeru kita untuk memperhatikan kurma. Dengan meneliti isi kandungan buah ini akan membuat kita lebih paham tentang maksud Ilahi itu. Kurma, dengan kandungan 50% gula, sungguh sangat bergizi karena daging buahnya terdiri atas fruktosa dan glukosa yang keduanya berkalori tinggi, dan mudah serta cepat dicerna.30 Kandungan gulanya menenangkan saraf yang gelisah serta memberikan rasa aman pada kejiwaan. Sudah pasti tiap persalinan selalu mengeluarkan banyak darah, yang dengan sendirinya jumlah gula darah yang tertumpah karenanya cukup banyak. Karena gula yang lenyap itu harus diganti, keterlibatan kurma, seperti pada persalinan Maryam, nyata benar manfaatnya sebagai tambahan. Kurma juga mengurangi tekanan darah. Meskipun daging sangat besar manfaatnya, tapi tidaklah sebanding dengan lebih besarnya manfaat kurma segar dalam segala hal. Mengonsumsi terlalu banyak daging, yang tak terbantahkan mengandung banyak protein, tidaklah mustahil pada saat yang sama dapat mengakibatkan keracunan. Jadi, makanan-makanan ringan seperti sayur-sayuran, buah-buahan, yang tentu saja mudah dicerna, hendaknya lebih menjadi pilihan.

    (bagian 1 dari 2 bagian)

    BalasHapus

Pasang Iklan Anda di Sini? HUBUNGI (021)9327.4925 - 9346.1965 - 606.36235 - 081.385.386.583


Pondok Citra

Nasi Pecel Kembang Turi

Sepertinya memang cuma di tempat ini yang menyajikan pecel Madiun (nggak selalu seh, kadang ada juga yang mencari Pecel Nganjuk) dengan menu asli dari daerah tersebut dengan menggunakan kembang turi sebagai sajian unggulan [...]
KPK BakarMadu

Jangan Takut Masuk KPK - Slogan Baru Setelah Masuk Trans7

Tahukah Anda makanan khas dari Pekalongan? Ada yang spesial gak seh? Tapi siapa sangka satu warung pojok dari kota Batik ini mengundang rasa ingin tahu banyak orang untuk mencoba sajian uniknya berupa Bebek Bakar Madu. Hmmm seperti apa seh rasanya sampe TransTV mau meliputnya? [...]
DapurJandaku

Carilah Janda di Mall Ambassador dan nikmatilah

Demi menghilangkan pikiran kotor di benak, saya sapa seorang wanita berusia 30-an tahu yang masih tampak seksi dan cantik, dan ternyata dia adalah pemilik warung makan yang lumayan provokatif itu. Esther namanya [...]
Es Sarang Kuntilanak

Es Sarang Kuntilanak VS Es Pocong?

Es Pocong namanya. Biasanya kalangan mahasiswa di kampus-kampus wilayah Depok banyak yang mengenali minuman bermerk ini. Entah mengapa minuman segar dan nikmat ini menggunakan nama "seram" seperti Es Sarang Kuntilanak" (Es Sarkun) dan Es Pulo Hantu (Es Lohan) [...]
Bengkel Kuliner

Pujasera Syariah Pertama di dunia

BengkelKuliner buka peluang investasi dengan sistem jual putus Rahasia Bumbu dan Pelatihan Tenaga Ahli berkonsep Rest Area dgn investasi minimal Rp.200jt [...]
Cangkru'an VW

SegO RAKyat Vokoke Wareg

tempat ini choesoes oentoek tjangkroe’an toean poean njang siboek bekerdja zonder waktoe oentoek memasak agar soepaja toean poean tida’ spanneng bergaboenglah oentoek tjangkroek jang bermakna [...]
Soto Marmer

LEZATNYA SOTO YANG SESUNGGUHNYA

Adalah sebuah warung makan sederhana yang dimulai dengan membuka jaringan kuat dan menemui bentuknya di kala terakhir perjalanan menuju kesuksesan. RM Soto Mawar Merah atau yang lebih dikenal dengan Soto Marmer ini memulai dengan cara itu. Sang pengusaha, H. Arta Indra, [...]
Udin Kombo

RM Khas Betawi H. Syamsudin Kombo, berdiri sejak 1980

Salah satu tempat tongkrongan warga Bekasi yang ada di Harapan Indah dan menjadi tempat favorit menikmati makanan asli khas Bekasi adalah RM Khas Betawi H. Syamsudin Kombo [...]
PondokGabusPucung

Pondok Gabus H. Lukman, Lebih dari 20 tahun Jadi Aikon Kuliner Bekasi

Kagak salah dah! bila Anda melewati GOR menuju ke arah Pulogadung di jalan Jend. Sudirman, maka tak jauh setelah Anda melewati pertigaan GOR, di sebelah kanan Anda berdiri warung legendaris yang kini menjadi ciri khas Bekasi yang paling kondang [...]
WarungDusun

Ada atmosfer modern nan nyaman di menu kampungnya

Kalau sayur lodeh hampir semua orang tahu, bagaimana dengan asem-asem khas Blitar ini? Asem-asem bukanlah sekadar sayur yang terbuat dari hijau-hijauan seperti sayur asem yang kita kenal. Justru makanan satu ini malah terbuat dari potongan daging sapi yang dibuat seperti sayur sop namun dengan rasa asam yang kuat [...]
Sangkuriang

Sop Gurame Kemangi Pedas vs Ikan Patin Bakar Omega 3

RM Sangkuriang sekali lagi diliput TransTV karena Sop Gurame Kemangi Pedas dan Ikan Bakar Patin Omega 3nya yang memang lain daripada yang biasanya [...]
Sangkuriang

Sop Gurame Kemangi Pedas vs Ikan Patin Bakar Omega 3

RM Sangkuriang sekali lagi diliput TransTV karena Sop Gurame Kemangi Pedas dan Ikan Bakar Patin Omega 3nya yang memang lain daripada yang biasanya [...]
BaksoMalangCakTio

Bakso Malang ini lebih lezat daripada yang di Bandung

Dekat Polres Metro Kota Bekasi, ada tempat makan dan nongkrong yang enak dan nyaman, namanya Bakso Malang Asli "CAK TIO" Veteran 66. Bukan saja tempatnya yang luas namun juga akses menuju tempat itu sangat mudah [...]
Bakso AG Komsen

Bakso AG Komsen dan Bakso 44 Komsen Konsisten dalam Rasa

Warung Bakso yang tetap konsisten mulai dari dibukanya tahun 1993 dengan tak berubah dalam rasa, sehingga pelanggannya kian hari kian bertambah. Mulai dari satu warung kecil kini sudah memiliki 2 warung besar [...]

Promoting BLOGS

MARKETING BOOST Anda ingin kami memblog profil usaha anda? Sewa kami untuk memblog-up anda atau usaha anda dalam jaringan media blogs kami. HIRE US TO BLOG YOU UP Phone: 021-9346-1965 atau di 08121215773 E-mail: dik_rizal@yahoo.com, iwaklawuh2002@yahoo.com